sitiativa











{April 7, 2012}   Persepsi Pegawai Dinas Kesejahteraan Sosial Tentang Profesi Pekerjaan Sosial

Pesepsi Pegawai Dinas Kesejahteraan Sosial Tentang Profesi Pekerjaan Sosial (Di Pemerintah Kabupaten Blitar)

Pekerjaan sosial merupakan suatu profesi penting yang sedang berkembang di dalam masyarakat. Akan tetapi dengan masih adanya kemandegan perkembangan profesi ini sampai kini. Dimana pekerjaan sosial dikenal sebagai pekerjaan amal dan pekerjaan sukarela. Hal inilah kiranya sejumlah unsur yang dapat di identifikasikan sebagai kelemahan-kelemahan internal yang ada. Hal ini berdampak besar terhadap persepsi pegawai tentang profesi pekerjaan sosial. Gambaran inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian mengenai persepsi pegawai Dinas Kesejahteraan Sosial tentang profesi pekerjan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pegawai Dinas Kesejahteraan Sosial tentang profesi pekerjaan sosial.
Penelitian ini menggunakan beberapa metode, untuk pengumpulan data, yaitu dengan metode interview serta metode dokumentasi. Analisa data yang dipakai adalah diskriptif kualitatif yang mengklasifikasikan, menggambarkan, penafsiran serta menyesuaikan pernyataan yang ada.
Responden ditentukan secara purposive dengan karakteristik : Pegawai Dinas Kesejahteraan Sosial, Menempati jabatan Kasie alasan dengan pertimbangan mereka melaksanakan fungsi dan tugasnya yang bersentuhan dengan profesi pekerjaan sosial, bersedia menjadi responden.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan persepsi pegawai Dinas Kesejahteran Sosial tentang profesi pekerjaan sosial. Dilihat dari persepsi umum tentang pekerjaan sosial yang meliputi pengertian pekerjaan sosial, tujuan pekerjaan sosial, metode-metode pekerjaan sosial, bidang garap pekerjaan sosial, keterlibatan pegawai dalam pekerjaan sosial dan persepsi umum tentang profesi pekerjaan sosial yang meliputi pekerjaan sosial sebagai profesi, pengakuan keberadaan profesi pekerjaan sosial. Persepsi berdasarkan perbedaaan pegawai yang meliputi persepsi berdasarkan lama kerja, persepsi berdasarkan latar belakang pendidikan, persepsi berdasarkan kursus yang diikuti.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pegawai memiliki tanggapan pekerjaan sosial itu merupakan suatu kegiatan yang memiliki syarat profesi dan sebagian pegawai memiliki pandangan bahwa pekerjaan sosial diidentikkan dengan pekerjaan sukarela. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti, mengingat tugas pegawai yang sangat luas dan permasalahan sosial yang timbul lebih kompleks maka akan lebih baik pegawai memiliki dasar keilmuan yang kuat dan disarankan peran dan fungsi pekerja sosial yang optimal maka akan dikenalnya profesi pekerjaan sosial dimasyarakat.

About these ads


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: