sitiativa











{September 9, 2012}   Konsep PAUD

1. PENGERTIAN PAUD
Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kea rah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
2. TUJUAN PAUD
Tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini ada dua, yaitu :
a. Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
b. Untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

3. SASARAN PAUD
Sasaran akhir program PAUD adalah anak usia 0-6 tahun. Untuk mencapai sasaran akhir ini diperlukan sasaran antara yaitu :
a. Orangtua yang memiliki anak usia 0 – 6 tahun.
b. Pendidik dan pengelola lembaga pendidikan anak usia dini.
c. Lembaga atau masyarakat yang menyelenggarakan PAUD.

4. PENDIDIK PAUD
Yang terlibat dalam pengelolaan program pendidikan anak usia dini, yaitu :
a. Pemerintah Pusat dan Daerah.
b. Instansi pemerintah, BPPLSP, BPKB, SKB, Dinas Pendidikan, dll.
c. Lembaga swasta : LSM, Yayasan, PKK, Darma Wanita, dll.
d. Perorangan/individu.
e. Organisasi profesi, dunia usaha/industri.
STANDAR PENDIDIK
a. Kualifikasi Guru sesuai Permendiknas no. 16 th 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
b. Belum memenuhi kualifikasi disebut guru pendamping.
c. Kompetensi : Kepribadian, Profesional, Pedagogik dan Sosial
(http://www.slideshare.net/NASuprawoto/standar-pendidikan-anak-usia-dini).

Yang dapat menjadi Tutor/Sumber Belajar, yaitu :
Dalam proses bermain, agar mendapatkan hasil belajar yang optimal harus didampingi oleh pendamping atau tenaga pendidik yang paling tidak memiliki beberapa persyaratan sebagai pendidik anak usia dini, antara lain :
a. Pendidikan minimal SLTA/Sederajat.
b. Mencintai dunia anak.
c. Usia minimal 18 tahun.
d. Mau dan mampu mendampingi anak.
e. Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

Kompetensi Dasar bagi Tutor
Tenaga pendidik pada program pendidikan anak usia dini paling tidak harus memiliki beberapa kompetensi yaitu kompetensi personal, kompetensi akademik, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: