sitiativa











{September 9, 2012}   PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

PENDIDIKAN KEPEMUDAAN

Pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan kader pemimpin bangsa, seperti organisasi pemuda, pendidikan kepanduan atau kepramukaan, keolahragaan, palanmg merah pelatihan kepemimpinan dan pecinta alam serta kewirausahaan.
Generasi Muda adalah kata yang mempunyai banyak pengertian, namun dari pengertian-pengertian generasi muda mengarah pada satu maksud yaitu kumpulan orang-orang yang masih memunyai jiwa, semangat, dan ide yang masih segar dan dapat menjadikan Negara ini lebih baik, orang-orang yang mempunyaipemikiran yang visioner.
Bahkan revolusi suatu bangsa itu biasanya didobrak oleh generasi mudanya. Terlepas dari apakah pemuda itu perlu digolongkan berdasarkan umur atau tidak. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Mentri Pemuda dan Olah raga Adiaksa Daud bahwa nanti akan ada pengaturan pemuda itu berdasarkan umur atau semangat.
Di setiap bangsa, peran pemuda ternyata tidak sedikit. Pemuda menorehkan sejarah penting bagi negeri tersebut. Sebagai contoh gerakan-gerakan mahasiswa di Indonesia yang pernah terjadi sejak pra kemerdekaan, orde lama, orde baru, dan reformasi. Yang mampu menumbangkan rezim besar seperti Soekarno dan Soeharto, semua itu diawali dari ide-ide segar dan semangat juang dari kaum muda yaitu mahasiswa. Selain itu revolusi kuba yang dipelopori oleh Che Guevara juga dari seorang pemuda.
Pemuda yang nota benenya sebagai pelopor harus memberikan kontribusi yang konkret terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam mendobrak setiap kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan yang tidak berpihak pada rakyat kecil. Pemuda harus bisa menjadi pressure groups terhadap pemerintah. Advokasikan kepada pemerintah gagasan-gagasan yang sekiranya dapat menjadikan pendidikan di Negara ini lebih baik.

PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

a. Pengertian
Robinson (1994) menjelaskan bahwa pemberdayaan adalah suatu proses pribadi dan sosial; suatu pembebasan kemampuan pribadi, kompetensi, kreatifitas dan kebebasan bertindak. Sedangkan Ife (1995) mengemukakan bahwa pemberdayaan mengacu pada kata “empowerment,” yang berarti memberi daya, memberi ”power” (kuasa), kekuatan, kepada pihak yang kurang berdaya.
Menurut kementrian pemberdayaan perempuan (2000) Pemberdayaan Perempuan adalah usaha sistematis dan tersencana untuk mencapai kesewtaraan dan keadilan gender dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.
b. Visi
Terwujudnya keadkilan dan kesetaraan gender, kesejahteraan dan perlindungan anak dalam kehidupan berkaluarga, bermasayarakat, berbangsa dan bernegara.
c. Misi
1. Peningkatan kualitas hidup perempuan
2. Penghapusan dikriminasi dan kekerasan terhadap perempuan dan anak
3. Penegakan HAM perempuan dan anak
4. Peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak
5. Peningkatan kemampuan dan kemandirian lembaga/LSM yang peduli terhadap perempuan dan anak.
d. Tujuan
Tujuannya adalah untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan gender, yang menyangkut perbaikan kualitas (kondisi) dan peranan (posisi) laki-laki dan perempuan pada setiap proses pengambilan keputusan dalam keluarga dan masyarakat.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: